LAYANG-LAYANG
Makalah Ini Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah “Matematika 3”
Disusun Oleh:
Desi Nurlaela
NIM. 21061002
Dosen Pengampu:
Khurnia Hidayati M,pd
JURUSAN TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
(MI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(stain)
PONOROGO
MARET 2012
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kehadirat Allah yang telah memberikan Rahmat dan Taufiq-Nya
kepada kita semua, sehingga saya dapat menyelesaikan salah satu tugas mata
kuliah “Matematika 3” dengan baik.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan pada junjungan kita Nabi
Muhammad SAW dan yang kita nanti
syafa’atnya di hari kemudian.
Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Dosen Ibu Khurnia selaku pengajar
“Matematika 3” dan teman-teman yang saling bekerja sama.
Demikian makalah ini saya buat, semoga dapat membantu mahasiswa-mahasiswi
STAIN Ponorogo dalam proses belajar mengajar. Ada salah dan kurangnya saya
mohon maaf sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Ponorogo, 05 Maret 2012
Penulis Makalah
|
DAFTAR ISI
HALAMANJUDUL......................................................................... i
KATA PENGANTAR...................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................... iii
BAB I : PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah.......................................1
B.
Rumusan Masalah................................................ 1
BAB II : PEMBAHASAN
A.
Pengertian dan Sifat-sifat
layang-layang................. 2
B.
Keliling dab Luas
layang-layang ............................ 3
C.
Contoh Soal layang-layang ................................... 4
BAB III : PENUTUP
Kesimpulan ............................................................ ...5
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Bangun
laying-layang adalah suatu bangunan-bangunan yang memiliki beberapa kesamaan
sifat yaitu masing-masing memiliki empat ruas garis dan empat titik sudut.
Selain itu bangun datar segi empat mempunyai unsur-unsur sisi, sudut, titik
sudut dan diagonal.
Bangun
segi empat yang mempunyai sifat-sifat khusus adalah bangun jajar genjang,
persegi panjang, persegi, belah ketupat, trapesium dan layang-layang.
Untuk
lebih jelasnya di sini akan di bahas tentang apa pengertian dan sifat
layang-layang tersebut.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian dan sifat-sifat layang-layang?
2.
Bagaimana keliling dan luas layang-layang?
3.
Bagaimana aplikasinya/ contoh soal layang-layang
|
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian layang-layang
Layang-layang adalah segiempat yang sepasang-sepasang sisi yang
berdekatan sama panjang dan diagonalnya saling berpotongan serta tegak lurus.
AB=AD
BC=CC
AB=AD
BC=CC
|
|||
Gambar 1.19 layang-layang
Unsur-unsur
trapesium seperti pada gambar di atas adalah:
2.
Diagonal-diagonal
AC dan BD
3.
Sudut-sudutnya
˂ A, ˂ B, ˂ D dan ˂ D
4.
Dua sudut yang
berhadapan dan sama besar adalah ˂ B dan ˂ D
Sifat-sifat
layang-layang
Dari contoh layang-layang ABCD di atas, dapat kita temukan
sifat-sifat sebagai berikut:
Sifat 1 : Pada layang-layang ABCD, sepasang sisi yang berdekatan
sama panjang
Sifat 2 : Pada layang-layang ABCD, mempunyai satu simetris lipat dan satu simetris putar
Sifat 3 : Pada layang-layang ABCD, diagonal-diagonalnya saling berpotongan
tegak lurus.
Sifat 4 : Pada layang-layang ABCD, sudut yang berhadapan sama besar
Sifat 4 : Pada layang-layang ABCD, sudut yang berhadapan sama besar
B.
Keliling layang-layang
Perhatikan layang-layang pada gambar 1.19
Layang-layang pada gambar 1.19 mempunyai sisi AB, BC, CD dan AD.
Keliling laying-layang ABCD adalah jumlah dari panjang sisinya yaitu AB + CD +
AD + BC karena AB = AD dan DC =BC maka rumusm keliling laying-layang adalah :
Rumus keliling layang-layang
Jika layang-layang ABCD mempunyai sisi AB, BC, CD dan AD, maka K =
2 (AB+BC).
C.
Luas layang-layang
Perhatikan layang-layang
ABCD di bawah ini:
Gambar 1.24 Gambar layang-layang denagan diagonalnya
Layang-layang di atas mempunyai diagonal-diagonal AC dan BD. Jika
panjang diagonal AC = d1 dan diagonal BD = d2, maka dapat kita rumuskan luas laying-layang sebagai berikut:
Rumus luas layang-layang
Jika layang-layang ABCD dengan diagonal d1 dan d2 dan
luas L, maka L= 1/2 d1 x d2
atau
atau
contoh
1.
suatu
layang-layang ABCD mempunyai panjang sisi AB = 13 cm dan AD = 6 cm, tentukan
keliling layang- layang itu!
2.
Suatu layang-layang
ABCD mempunyai panjang AC= 16 cm dan BD = 24 cm, tentukan luas layang-layang
itu!
Jawab
1.
K = 2 (AB=AD) =
2 (13=16) = 2 x 19 = 38 cm
2.
L = 1/2d1
x d2 = ½ 16 x 24 = 192 cm2
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
1.
Layang-layang adalah segiempat yang
sepasang-sepasang sisi yang berdekatan sama panjang.
2.
Keliling layang-layang Jika
layang-layang ABCD mempunyai sisi AB, BC, CD dan AD, maka K = 2 (AB+BC).
3.
Jika layang-layang
ABCD dengan diagonal d1 dan d2 dan luas L, maka L= 1/2
d1 x d2
DAFTAR
PUSTAKA
- Modul Matematika 3
- Sulardi 2006. Pandai
Berhitung Matematika. Jakarta : Erlangga
diketahuisebuah layang-layang ABCD dengan keliling 30cm,dan panjang AB6 cm,tentukan panjang sisi BC!
BalasHapus1. mohon diperhatikan dalam pengetikan makalah, jangan sampai ada kata salah ketik. contohnya pada kata pengantar. kata "layang-layang" ditulis "laying-layang". meskipun kesalahan tidak vatal namun menimbulkan kesan kurang bagus.
BalasHapus2. penjelasan mengenai sisi yang sama panjang dan saling berhadapan kurang tepat. perhatikan gambar 1.18 beserta penjelasanya.
3. penjelasan gambar 1.19 juga kurang tepat. seharusnya sisi yang SAMA PANJANG adalah AB=BC dan AC=DC. kemudian sudut yang berhadapan dan sama besar adalah sudut A dan sudut C.
4. keliling seharusnya 2XAB+AD.
5. gambar pada point C kurang.
6. sumber referensi kurang dan penulisan catatan kaki belum ada.